Jumat, 18 Februari 2011

Bab II Manusia dan Cinta Kasih

Nama  : Debby Ayu Permata Sari
Kelas   : 1IA09
NPM     : 51410723
Tugas IBD minggu ke- 2
deadline, rabu, 2 Maret 2011, jam 16.30 wib.


Manusia dan Cinta Kasih 
Cinta adalah kekuatan manusia yang paling tinggi.  Dimana cinta adalah sumber segalanya,  kita tidak akan dapat mewujudkan setiap  impian kita tanpa cinta itu sendiri. Pada dasarnya kasih sayang kita adalah terhadap allah swt, karena allah yang memberikan manusia untuk memberi kasih terutama  kepada kedua orangtua, anaknya. Tetapi manusia memilik hambatan terhadap kasih sayang, sebabnya karena adanya pertengakaran, permusuhan, kedengkian,dan lain-lain. Cinta itu timbulnya rasa kita kepada seseorang yang kita cintai, misalnya cinta kepada rasul, nabi,orangtua,sahabat,teman,pacar.  Bahkan cinta selalu menyatakan unsur-unsur dasar tertentu yakni :
  1. Pengasuhan , contohnya cinta seorang ibu kepada anaknya, dalam kehidupan sehari-hari, ibu mengasuh, menjaga dan memberikan yang terbaik untuk anaknya dengan sepenuh hati.
  2. Tanggung jawab, adalah tindakan yang benar-benar berdasar atas suka rela, oleh karena itu, tanggung jawab merupakan penyelenggaraan atas kebutuhan fisik.
  3. Perhatian, adalah suatu perbuatan yang bertujuan untuk mengembangkan pribadi yang baik agar mau membuka dirinya. Contoh : perhatian seorang ibu atas perilaku anaknya, bila anaknya berperilaku salah, maka ibunya menasihatinya bahwa itu salah
  4. Pengenalan, adalah keinginan untuk mengetahui rahasia manusia.
Tetapi menurut Dr.Salito W.sarwono Dalam artikelnya yang berjudul Segitiga cinta, bukan cinta segitiga.dalam artikel tersebut dikatan bahwa cinta yang ideal memiliki 3 unsur yang saling berikatan yakni keterikatan,keintiman dan kemesraan. Yang pertama, keterikatan adalah adanya perasaan untuk hanya bersama orang yang dicintai, segala prioritas untuk orang yang dicintai , dan tidak mau pergi dengan orang lain. Yang kedua, keintiman adalah adanya kebiasaan-kebiasaan tingkah laku yang menunjukkan tidak ada jarak lagi. Yang ketiga, kemesraan adalah yaitu rasa ingin membelai atau dibelai, rasa kangen apabila jauh atau lama tidak bertemu. Berikut ini gambar yang termasuk unsur:


Nah dari situ kita memiliki unsur yang kita ketahui,seperti :
1. keterikatan,
2. keintiman.
3.  kemesraan. 
Cinta seperti itu mengandung kesetiaan yang amat kuat, kecemburuannya besar, tetapi dirasakan oleh pasangannya sebagai dingin atau hambar, karena tidak ada kehangatan yang ditimbulkan kemesraan atau keintiman. Misalnya cinta sahabat karib atau saudara sekandung yang penuh dengan keakraban, tetapi tidak ada gejolak-gejolak mesra dan orang yang bersangkutan masih lebih setia kepada hal-hal lain dari pada partnemya. Cinta juga dapat diwarnai dengan kemesraan yang sangat menggejolak, tetapi unsur keintiman dan keterikatannya yang kurang.


Bagian diatas adalah sebuah segitga cinta.
Cinta dapat memegang peran yang penting dalam kehidupan manusia, sebab cinta merupakan landasan dalam kehidupan perkawinan, pembentukan keluarga dan pemeliharaan anak, hubungan yang erat dimasyarakat, dan hubungan manusiawi yang akrab. Demikian pula cinta adalah pengikat yang kokoh antar manusia dengan tuhannya sehingga manusia menyembah tuhan dengan ikhlas, mengikuti perintahnya, dan berpegang teguh pada syariatnya.  Tetapi cinta mempunyai beberapa tingkatan, yaitu :
1. Cinta berbasis Shodr (lapisan hati luar)

2. Cinta berbasis Qolbu (lapisan hati tengah)

3. Cinta berbasis Fuad (lapisan hati dalam)

Penjelasan :
1. Cinta berbasis Shodr (lapisan hati luar)
 adalah perasaan mudah gelisah, kecenderungan yang ada adalah untuk memiliki bukan untuk memberi. Sifatnya jasadi atau fisik. Dan kental sekali berbau dunia. Ingin punya ini dan ingin  

2. Cinta berbasis Qolbu (lapisan hati tengah)
 adalah perasaan kadang gelisah tapi kadang tenang bahagia. Kadang menikmati tapi kadang menyesali. Kadang ingat Tuhan tapi kadang inget kekasih hati ciptaan Tuhan. Perasaannya bolak-balik seperti Qolbu. Jika ia memiliki hati yang bersih maka walaupun ia mencintai makhluk Tuhan, ia tetap paham prosedur syariat yang harus dilewati. Sehingga ia bisa memiliki sesuatu dengan cara yang dirahmati Tuhan.

3. Cinta berbasis Fuad (lapisan hati dalam)
Inilah cinta yang sejati, sangat dalam dan penuh sensasi yang melupakan (dunia). seseorang yang mementingkan tuhannya daripada duniawi. sehingga dia lebih menyukai dengan berikhtifar, berzikir dari pada berbuat maksiat. 

Kasih sayang

Kasih sayang adalah sebuah ungkapan atau perasaan suka, sayang dan cinta  kepada seseorang. Dalam kasih sayang sendiri bersifat sadar atau tidak sadar masing-masing pihak di tuntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, saling terbuka sehingga keduanya merupakan kesatuan yang bulat dan utuh.  Bahkan kasih sayang itu dapat dirasakan oleh seorang bayi yang baru lahir dan  dia bisa merasakan sebuah kasih sayang kedua orang tuanya sendiri, dan bisa  mengenal sentuhan atau suara orang tuanya. Orang tua bisa mencurahkan kasih sayang mereka dengan berkomunikasi. Menurut Erich Fromm (1983:54) dalam bukunya Seni Mencintai mengemukakan tentang adanya cinta persaudaraan, cinta keibuan, cinta erotis, cinta diri sendiri dan cinta terhadap Allah. 
Berbentuk Cinta mengemukakan  tentang sebuah  bentuk cinta yaitu cinta persaudaraan, cinta keibuan, cinta erotis, cinta diri sendiri dan cinta terhadap Allah.

A.Cinta Persaudaraan

adalah Cinta persaudaraan diwujudkan manusia dalam tingkah laku atau perbuatannya. Dalam cinta ini semua manusia sama sebagai mahluk ciptaan Allah. Atas Dasar cinta yang demikian seseorang tidak mempunyai pamrih untuk berbuat baik kepada sesamanya. Contoh dalam sehari-hari cinta persaudaraan yaitu, saling berbuat baik, saling menghargai dengan sesama manusia.
b.Cinta Keibuan 
adalah Kasih sayang bersumber pada cinta keibuan, yang paling asli dalam hal cinta adalah terdapat pada seorang ibu yang cinta terhadap anaknya sendiri. Contohnya ibu tidak pernah lelah merawat kita pada saat kita waktu kecil, ibu sepenuh hati dan cinta merawat kita. Sebagian besar yang meiliki naluri alami seorang ibu adalah wanita namun ada juga pria yang memiliki naluri rasa kasih sayang seperti kaum wanita.

c. Cinta Erotis
adalah Kasih sayang yang bersumber dari rasa cinta erotis merupakan sesuatu yang memperdayakan cinta yang sesungguhnya. Hal ini disebabkan karena antara cinta dan nafsu letaknya tidak berbeda jauh. Kasih sayang dalam cinta erotis merupakan kontak seksual yang asli dan ideal yang bersumber pada cinta. Kasih sayang sebagai perwujudan cinta erotis dapat menjadi pengikat erat dalam hubungan suami istri. Namun apabila orang melakukan hubungan erotis tanpa didasari rasa cinta maka sama sekali tidak mungkin timbul rasa kasih sayang.
d. Cinta  Diri Sendiri adalah Ada pula kasih sayang yang bersumber pada cinta diri sendiri (self love). Cinta diri sendiri bernilai positif  jika mengandung makna bahwa seseorang dapat mengurus diri sendir dengan sewajarnya sehingga kebutuhan jasmani dan rohaninya terpenuhi. Tetapi, dapat menjadi hal negative apabila pelaku cinta tersebut hanya mementingkan dirinya sendiri,yaitu egoistis.
e. Cinta Terhadap Allah 
adalah Cinta yang ikhlas seorang manusia kepada Allah akan membuat cinta itu menjadi kekuatan pendorong yang mengarahkannya dalam kehidupannya dan menundukkan semua bentuk kecintaan lainnya.



Kemesraan
Kemesraan berasal dari kata mesra yang menurut kamus bahasa Indonesia berarti sangat erat atau karib sehingga kemesraan berarti hal yang menggambarkan keadaan yang sangat erat atau karib, kemesraan juga bersumber dari cinta kasih dan merupakan  realisasi cinta yang nyata. Kemesraan dapat diartikan sama dengan keakraban, keakraban yang dilandasi dengan rasa cinta yang dapat muncul dalam sifat-sifat romantik, terutama dalam wujud gerak atau  tingkah laku yang sedang bermesraan. 
Tingkatan kemesraan dapat dibedakan sebagai berikut :
1. Kemesraan Dalam Tingkat Remaja
Kemesraan ini dapat terjadi dalam masa puber yaitu dimana masa remaja memiliki kematangan organ kelamin yang menyebabkan dorongan seksualitasnya kuat (heterosexual). Pada saat demikian cinta erotis berkembang sehingga bila tidak hati-hati akan terjerumus dalam nafsu semata atau bisa terjadi seks bebas.


2. kemesraan Dalam Rumah Tangga
Merupakan kemesraan atau hubungan akrab antara suami dan istri dalam perkawinan. Biasanya pada tahun-tahun pertama perkawinan kemesraan masih sangat terasa, tetapi seiring berjalannya waktu dan kebutuhan yang semakin banyak kadang-kadang kemesraan yang ada mulai luntur yang disebabkan oleh beberapa faktor, yakni faktor fisik,psikis dan sosial

3. Kemesraan Manusia Usia Lanjut


Kemesraan bagi manula berbeda dengan kemesraan waktu remaja, kemesraan itu dapat diwujudkan pada waktu makan, duduk, jalan-jalan, menonton televisi, membaca koran secara bersama.



Pemujaan



Pemujaan adalah salah satu manifestasi cinta manusia kepada Tuhannya yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi ritual. Kecintaan manusia kepada Tuhan yang tidak dapat  dipisahkan dari kehidupan manusia. Contohnya seperti di Pura Agung Batam yang menyembah dewa Durga. Pura ini merupakan tempat ibadah umat Hindu terbesar di Batam. Sama halnya dengan kedudukan Masjid Raya Batam, Vihara Duta Maitreya di Seipanas maupun patung Dewi Kwan Im di Sekupang.  Berikut ini gambar penyembahan :
Hal ini dikarenakan pemujaan kepada Tuhan adalah inti, nilai dan makna kehidupan yang sebenarnya :
a.Cara Pemujaan 
Banyak manusia terdapat berbagai macam cara pemujaan sesuai dengan agama, kepercayaan, kondisi, dan situasi.
b.Tempat Pemujaan
Tempat pemujaan dapat berbagai macam sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing manusia.ini merupakan  tempat manusia berkomunikasi dengan Tuhan. Contoh Mesjid, Gereja, dan lain-lain
c.Berbagai seni sebagai manifestasi pemujaan, adalah Cinta menimbulkan daya kreativitas bagi penciptanya, salah satunya adalah mencipta.

Belas kasih
Belas kasih merupakan sebuah energy dari tubuh kita atau hasrat kita untuk berbagi kepada orang yang membutuhkan. Seorang yang berbelas kasih, akan bermurah hati dan mengalah saat menerima serangan dari pihak lawan, akan membalas sindiran dan olokan orang dengan senyuman, akan dengan besar hati memaafkan kesalahan dan kesalah pahaman orang lain. Ia tidak tergesa-gesa dan tenang-tenang saja, menahan penghinaan tanpa berargumen, pikirannya penuh keprihatinan dan rasa kasihan atas penderitaan yang dialami oleh makhluk hidup, bersikap hambar dan tidak gentar, semua itu adalah sikap hati dari sang sadar yang kekal abadi.
Gambar dibawah ini belas kasih kepada seseorang yang membutuhkan:



Opini
opini tentang kasih menurut saya ialah Kasih sayang adalah sebuah ungkapan atau perasaan suka, sayang dan cinta kepada seseorang, dengan cara Kita harus saling memberi terhadap orang yang kita sayangi  dan kita harus bisa mengerti dan memahami kekurangan pasangan kita sendiri dengan cara menutupi kekurangan kita dengan menerima pasangan kita apa adanya, terutama dalam setiap hubungan harus memiliki kepercayaan, kejujuran  dalam menjalani setiap hubungan. kasih sayang itu kepada siapa saja, contoh bisa sayang kepada sahabat, someone, orangtua,dll. Cinta Persaudaraan bisa melalui dengan cara saling membantu dan saling menghargai sesama manusia,dengan cara kita menghargai manusia, kita dapa dihargai oleh mereka. cinta keibuan ialah cinta seorang ibu kepada anaknya tanpa pamrih. sehingga bisa membesarkan anaknya dengan cinta ibunya. cinta erotis ialah cinta yang didasari oleh rasa sayang, sehingga menimbulkan kontak seksual. cinta diri sendiri ialah percaya diri. cinta kepada allah ialah kekuatan untuk pendorong dan mengarahkan kehidupan yang layak.
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar