Jumat, 18 Februari 2011

Bab 1 Manusia dan Kebudayaan




Nama  : Debby Ayu Permata Sari
Kelas  : 1IA09
NPM  : 51410723
Tugas IBD pertemuan ke-1
deadline, rabu 23 februari 2011, jam 16.30 wib. 




Bab 1 Manusia dan kebudayaan



 Manusia sebagai mahkluk social memiliki fungsi biologis, proteksi, sosialisasi pendidikan, Supportive dan ekspresive. Dan dari fungsi-fungsi ini dapat diharapkan, yang hanya bukan saja menjadi landasan, materi kegiatan dan bahkan pendekatan/ proses-proses dalam merancang dan mengevaluasikan program sekolah yang non formal.
Hakekat manusia adalah :
1. Makhluk yang memiliki tenaga dalam yang dapat menggerakkan hidupnya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya.
2. Individu yang memiliki sifat rasional yang bertanggung jawab atas tingkah laku intelektual dan sosial.
3. Makhluk yang dalam proses menjadi berkembang dan terus berkembang tidak pernah selesai (tuntas) selama hidupnya.
4. Makhluk Tuhan yang berarti ia adalah makhluk yang mengandung kemungkinan baik dan jahat.

Kepribadian Bangsa Timur



manusia adalah makhluk social yang tidak bisa berdiri sendiri, dan manusia membutuhkan makhluk lainnya,seperti manusia lainnya, dikarenakan untuk berinteraksi dan sosialisasi dan untuk bertahan hidup. Bagian tersebut yaitu yang dianut oleh masyarakat bangsa timur(Indonesia), dan terutamanya bagian rasa kebersamaan inilah yang membuat bangsa ini kuat.  Di Indonesia banyak sekali beragam suku yang berbeda  dan banyak budaya yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Sistem ideology Indonesia yang ada biasanya dapat meliputi etika, norma, adat istiadat dan peraturan hukum yang berfungsi sebagai pengarahan dan pengikat perilaku manusia atau masyarakat agar sesuai dengan kepribadian bangsa yang sopan, santun, ramah, dan tidak melakukan hal – hal yang dapat mencoreng kepribadian bangsa. Dalam globalisasi, unsur- unsur budaya asing mulai berdatangan/ dapat mudah diterima, sehingga peralatan dapat digunakan dengan mudah, seperti Handpone, Komputer, dan lain-lain.

 Kebudayaan asing dapat dibagi 2, yaitu:
1.       1. Kebudayaan asing yang sulit diterima oleh masyarakat.
Mempunyai unsur system kepercayaannya masing-masing, yaitu ideology, filsafah hidup, dan lain-lain.
Pada umumnya generasi muda dianggap sebagai individu-individu yang cepat menerima unsur-unsur kebudayaan asing yang masuk melalui proses akulturasi. Sebaliknya generasi tua, dianggap sebagai orang-orang kolot yang sukar menerima unsur baru.
2.      2. Kebudayaan asing yang sangat mudah diterima.
Jika pandangan hidup dan nilai yang dominan dalam suatu kebudayaan ditentukan oleh nilai-nilai agama.
 Terbatasnya masyarakat memiliki hubungan atau kontak dengan kebudayaan dan dengan orang-orang yang berasal dari luar masyarakat tersebut.

Bagan sosiogram pada manusia.
Pada hakikatnya manusia dan kebudayaan adalah sesuatu ikatan yang tidak mungkin bisa dipisahkan dalam kehidupan kita. Manusia diciptakan oleh Tuhan secara sempurna untuk menjalankan hakekatnya sebagai manusia bumi. Setiap manusia pasti akan meneruskan budaya yang telah ada dari jaman nenek moyangnya. Hal itu akan berlanjut terus – menerus seiring jalannya waktu.
Pada kesempatan ini, kita akan membahas sub bab ke tiga yaitu  tentang  Bagan Psiko-Sosiogram Manusia.


Dari gambarr diatas dapat dijelaskan sebagai berikut . 
Nomor 7 dan 6 disebut sebagai daerah tak sadar dan sub sadar. Disebut  sebagai daerah tak sadar karena memang sudah tertanam jauh di dalam diri manusia dan tak mampu disadari bahkan oleh manusia itu sendiri. Misalnya dunia mimpi dari manusia itu sendiri. Terkadang didunia mimpi itu sering timbul beberapa hal yang mungkin tidak pernah disadari oleh manusia itu sendiri, bahkan hal itu tidak disadari oleh otak manusia. Disebut  daerah Sub sadar karena sewaktu – waktu unsur – unsur yang sudah tertanam bisa meledak keluar lagi dan mengganggu kebiasaan sehari – hari.
Nomor 5 disebut kesadaran yang tidak dinyatakan. dan ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan kesadaran :



a. seseorang yang takut salah dan takut dimarahin orang lain.

b.seseorang yang sungkan untuk menyatakan bahwa ia akan mendapatkan respon dari orang lain.

c. seseorang yang takut sama dirinya sendiri yang ditertawakan
d. seseorang yang tidak bisa menemukan sebuah kata-kata yang cocok untuk menyatakan gagasan.
Nomor 4 disebut kesadaran yang dinyatakan. ini adalah kebalikan dari nomor 5, berarti manusia mengungkapkan kepada orang lain apa yang ada di pikirannya seperti perasaan, pengetahuan dan sebagainya. Misalnya dari segi pengetahuan. Seseorang membagi apa yang diketahuinya baik dari buku-buku yang telah dibacanya, atau pengetahuan yang telah dimilikinya. 
Nomor 3 disebut lingkaran hubungan karib. manusia memiliki seseorang atau sesuatu yang dianggap bisa menjadi curahan hati dan tempat untuk meminta bantuan. Tidak selalu manusia yang lain juga melainkan benda, atau makhluk hidup lain pun bisa berada pada lingkaran ini. Misalnya kita lihat segi perasaan, seseorang yang telah menganggap oranglain sebagai seseorang yang mampu untuk menjadi tempat untuk menanmpung berbagai curahan hatinya atau sesuatu yang dirasakannya.  
Nomor 2 disebut lingkaran hubungan berguna. Bisa dianalogikan hubungan antara murid dengan guru, pedagang dan pembeli. Pada daerah ini semua hubungan yang ada sudah sering kita lihat berbagai contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya antara pedagang dan pembeli. Disini mereka saling membutuhkan satu dengan yang lainnya. Pedang membutuhkan pembeli untuk membeli dagangannya, sedangkan pembeli membutuhkan barang untuk dikonsumsinya. Ini adalah suatu hubungan timbal balik yang sudah sangat lumrah terjadi dalam kehidupan kita.
Nomor 1 disebut lingkaran hubungan jauh yang berarti pikiran dan gagasan manusia tentang berbagai macam hal. Disini manusia tersebut sudah mulai matang terhadap hal apa saja yang akan dihadapi kedepannya. Misalnya sebuah keputusan yang harus diambil seseorang ketika dia dalam sebuah masalah besar yang dihadapinya. Keputusan tersebut begitu cepat diseleksi dalam otaknya. Sepersekian detik dia harus bisa keluar dari masalah tersebut. Tentunya dia sudah memikirkan segala macam hal yang akan dihadapinya kemudian hari. 
Nomor 0 disebut lingkungan dunia luar yang berarti tentang pendapat dan pikiran seseorang tentang dunia atau daerah yang belum pernah dikunjungi atau dijumpai. Misalnya saat kita berada diluar dari Negara Indonesia. Kita akan berpikir bahwa Negara yang kita kunjungi itu sangat berbeda dengan Negara dimana kita tinggal yaitu di Indonesia. Hal yang berbeda  itu dilihat dari berbagai aspek yang ada. Dilihat dari kebudayaan , pola pikir dan cara hidup manusia dinegara tersebut, dan berbagai macam aspek lainnya

Kebudayaan


Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sanskerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut cultureyang berasal dari kata Latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture juga kadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia. dibawah ini beberapa ahli pengertian kebudayaan :

1. Edward B. Taylor
Kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang didalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adapt istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat oleh seseorang sebagai anggota masyarakat.
2. M. Jacobs dan B.J. Stern
Kebudayaan mencakup keseluruhan yang meliputi bentuk teknologi social, ideologi, religi, dan kesenian serta benda, yang kesemuanya merupakan warisan social.
3. Koentjaraningrat
Kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan relajar.
4. Dr. K. Kupper
Kebudayaan merupakan sistem gagasan yang menjadi pedoman dan pengarah bagi manusia dalam bersikap dan berperilaku, baik secara individu maupun kelompok.
5. William H. Haviland
Kebudayaan adalah seperangkat peraturan dan norma yang dimiliki bersama oleh para anggota masyarakat, yang jika dilaksanakan oleh para anggotanya akan melahirkan perilaku yang dipandang layak dan dapat di terima oleh semua masyarakat.
6. Ki Hajar Dewantara
Kebudayaan berarti buah budi manusia adalah hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat, yakni zaman dan alam yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran didalam hidup dan penghidupannya guna mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai.
7. Francis Merill
Pola-pola perilaku yang di hasilkan oleh interaksi social,  Semua perilaku dan semua produk yang dihasilkan oleh sesorang sebagai anggota suatu masyarakat yang di temukan melalui interaksi simbolis.
8. Bounded et.al
Kebudayaan adalah sesuatu yang terbentuk oleh pengembangan dan transmisi dari kepercayaan manusia melalui simbol-simbol tertentu, misalnya simbol bahasa sebagai rangkaian simbol yang digunakan untuk mengalihkan keyakinan budaya di antara para anggota suatu masyarakat. Pesan-pesan tentang kebudayaan yang di harapkan dapat di temukan di dalam media, pemerintahan, intitusi agama, sistem pendidikan dan semacam itu.
9. Mitchell (Dictionary of Soriblogy)
Kebudayaan adalah sebagian perulangan keseluruhan tindakan atau aktivitas manusia dan produk yang dihasilkan manusia yang telah memasyarakat secara sosial dan bukan sekedar di alihkan secara genetikal.
10. Robert H Lowie
Kebudayaan adalah segala sesuatu yang di peroleh individu dari masyarakat, mencakup kepercayaan, adat istiadat, norma-norma artistic, kebiasaan makan, keahlian yang di peroleh bukan dari kreatifitasnya sendiri melainkan merupakan warisan masa lampau yang di dapat melalui pendidikan formal atau informal.
11. Arkeolog R. Seokmono
Kebudayaan adalah seluruh hasil usaha manusia, baik berupa benda ataupun hanya berupa buah pikiran dan dalam penghidupan.

Unsur Kebudayaan Universal


Menurut pendapat C. Kluckhohn yang tentang tujuh unsur kebudayaan merupakan hasil inti sari dari pendapat-pendapat lainnya.
Dalam karyanya yang berjudul Universals Categories of Culture, ia menjelaskan 7 unsur kebudayaan universal yang selanjutnya disebutcultural universals, yaitu sebagai berikut :
1.      Sistem kepercayaan (sistem religi)
2.      Sistem pengetahuan
3.      Peralatan dan perlengkapan hidup manusia
4.      Mata pencaharian dan sistem-sistem ekonomi
5.      Sistem kemasyarakatan
6.      Bahasa
7.      Kesenian

Urutan unsur-unsur kebudayaan di atas menurut Koentjaraningrat suatu unsur kebudayaan mengalami perubahan yang artinya, unsur kebudayaan yang ada pada nomor urut pertama dianggap sebagai unsur kebudayaan universal yang paling sulit berubah, sedangkan urutan yang terakhir merupakan unsur kebudayaan kesenian yang paling mudah berubah, dikarenakan banyak budaya asing yang masuk, sehingga budaya kesenian inilah yang dilupakan.

Fungsi Unsur-Unsur Kebudayaan Universal
Unsur ini sangat dibutuhkan oleh manusia terutama untuk menjawab ketidakberdayaan manusia dalam mengahadapi berbagai masalah dalam kehidupan yang sulit diterima akal. Agama juga berfungsi untuk mengatur kehidupan/ pedoman manusia dalam hubungan dengan Penciptanya. Sistem pengetahuan berfungsi untuk menjawab kebutuhan manusia akan rasa ingin tahu. Dengan pengetahuan, manusia dapat memenuhi segala macam kebutuhan hidupnya.
Unsur lainnya, yaitu peralatan dan perlengkapan hidup manusia yang selanjutnya bisa disebut sebagai teknologi, juga mempunyai fungsi yang  sangat penting bagi pemenuhan kebutuhan  manusia. Dengan teknologi, manusia dapat semakin mudah untuk memenuhi segala kebutuhan.
Dalam kehidupan, manusia juga memerlukan mata pencaharian atau sistem ekonomi. Dengan mata pencaharian atau sistem ekonomi, manusia dapat memenuhi kebutuhan produksi, distribusi, maupun konsumsi.
Sistem kemasyarakatan atau sistem sosial juga diperlukan oleh manusia. Manusia mempunyai kecenderungan untuk berkelompok, maka mereka membentuk keluarga dan kelompok sosial lainnya yang lebih besar.
Adapun unsur bahasa dan unsur kesenian juga sangat dibutuhkan oleh manusia. Tanpa bahasa, baik lisan, tulisan, maupun bahasa isyarat, manusia akan mengalami kesulitan untuk berkomunikasi dengan manusia. Dengan kesenian manusia mampu memenuhi kebutuhan rekreasi atau mampu mengapresiasikan perasaan seninya. 
Wujud Kebudayaan menurut Dimensi :
Menurut J.J. Hoenigman, wujud kebudayaan dibedakan menjadi tiga(3): gagasan, aktivitas, dan artefak, berikut ini penjelasan mengenai gagasan :

o Gagasan (Wujud ideal)

Wujud ideal kebudayaan adalah kebudayaan yang berbentuk kumpulan ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan, dan sebagainya yang sifatnya abstrak; tidak dapat diraba atau disentuh. Wujud kebudayaan ini terletak dalam kepala-kepala atau di alam pemikiran warga masyarakat. Jika masyarakat tersebut menyatakan gagasan mereka itu dalam bentuk tulisan, maka lokasi dari kebudayaan ideal itu berada dalam karangan dan buku-buku hasil karya para penulis warga masyarakat tersebut.

o Aktivitas (tindakan)

Aktivitas adalah wujud kebudayaan sebagai suatu tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat itu. Wujud ini sering pula disebut dengan sistem sosial. Sistem sosial ini terdiri dari aktivitas-aktivitas manusia yang saling berinteraksi, mengadakan kontak, serta bergaul dengan manusia lainnya menurut pola-pola tertentu yang berdasarkan adat tata kelakuan. Sifatnya konkret, terjadi dalam kehidupan sehari-hari, dan dapat diamati dan didokumentasikan.

o Artefak (karya)

Artefak adalah wujud kebudayaan fisik yang berupa hasil dari aktivitas, perbuatan, dan karya semua manusia dalam masyarakat berupa benda-benda atau hal-hal yang dapat diraba, dilihat, dan didokumentasikan. Sifatnya paling konkret diantara ketiga wujud kebudayaan.

Opini
menurut saya, opini tentang kebudayaan timur itu ialah, budaya timur dan budaya barat sangatlah berbeda. mengapa demikian? budaya barat lebih cenderung ke arah negatif, karena budaya barat bisa membuat budaya timur untuk meniru semua kebiasaan atau cara berpakaian. contohnya: anak muda sekarang lebih cenderung menggunakan rok mini dan berpakaian yang tidak menutup aurat tersebut dan banyak usia remaja 17 tahun melakukan seks bebas/ pergaulan bebas. budaya barat juga ada berdampak positif, karena ada film luar negeri, masyarakat budaya timur bisa mengetahui budaya luar tetapi budaya timur menggunakan adat istiadat yang baik, karena budaya timur mempunyai etika yang sangat baik dan harus sangat patut di contoh oleh negara kita sendiri maupun negara lain.    tetapi bangsa indonesia mempunyai 2 dampak negative dan positif, yakni  dampak positif adalah budaya timur memiliki nilai sosialnya lebih tinggi, ini yang harus patut dicontoh.  dampak negativenya ialah bangsa ini mempunyai tradisi yang sangat tidak baik, seperti mitos, mistis. bangsa ini banyak sekali yang hilang akal sehatnya, yang hanya bisa menyembah-nyembah patung yang tidak bernyawa dan mengikuti aliran sesat, seperti ahmadiyaah. tetapi dampak buruk dari budaya timur sendiri, tidak bisa mencegah aliran sesat tersebut, itu bisa membuat para kaum muslim, bisa mengaku-ngaku sebagai jadi malaikat atau nabi muhammad. padahal tuhan itu cuman 1 yaitu ALLAH SWT, khusus beragama muslimah.  tetapi sekarang bangsa timur mengikuti dan melakukan seks bebas pada usia dibawah 17 dan diatas 17 tahun, yang bisa merusak masa depan dan generasi bangsa indonesia, yang dikarenakan melakukan seks bebas.


Sumber :
http://nie07independent.wordpress.com/hakikat-manusia/
http://dksisland.blogspot.com/2011/02/manusia-dan-kebudayaan-bagan-psiko.html
http://www.anneahira.com/7-unsur-kebudayaan-universal.htm
http://windyku.wordpress.com/2011/02/13/3-wujud-kebudayaan-menurut-dimensinya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar