Senin, 30 September 2013

Tugas 1 Pengertian dan Fungsi Bisnis dalam IT

 Nama : Debby Ayu Permata Sari
Kelas   : 4ia13
NPM   : 51410723
Mata Kuliah : Pengantar Bisnis Informatika
Deadline : 14-26 Oktober 2013


1.      Pengertian dan Fungsi Bisnis dalam IT ?
Dalam pengertian yang sederhana bisnis informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Yang dimaksud teknologi informasi disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi, seperti internet. Untuk lebih jelasnya penulis akan mencoba menjabarkannyapada tulisan kali ini. Penulis akan membahas satu persatu mengenai makna Bisnis Informatika.

1.1 Pengertian Bisnis.
Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang & jasa dalam kehidupan sehari - hari. Bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang dan jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.[Griffin & Ebert]. Dari pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa bisnis adalah kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai (create value) melalui penciptaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.

1.2 Aspek - Aspek Bisnis
Keuntungan individu dan kelompok
Penciptaan Nilai
Penciptaan Barang dan Jasa
Keuntungan melalui Transaksi

1.3 Fungsi Bisnis

Fungsi Mikro (Kontribusi terhadap pihak yang berperan langsung)
A.    Pekerja / Karyawan : Pekerja menginginkan gaji yang layak dari hasil kerjanya sementara manager menginginkan kinerja tinggi yang ditunjukkan besarnya omzet penjualan dan laba.
B.     Dewan Komisaris : Memantau kegiatan dan mengawasi manajemen, memastikan kegiatan akan berjalan mencapai tujuan.

Fungsi Makro(Kontribusi terhadap pihak yang tidak berperan langsung).
A.    Masyarakat sekitar perusahaan memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan.
B.     Bangsa dan Negara bertanggung jawab kepada bangsa dan Negara yang mewujudkan dalam bentuk kewajiban membayar pajak.


Studi Kasus :
    Lemecha di ChoicePoint membuat struktur IT dengan dua kelompok posisi IT, satu untuk pekerja teknis dengan sebutan IT arsitek dan satu lagi untuk manager dengan sebutan business information officer (BIO). BIO disisipkan pada tiap bisnis CheckPoint dan berlaku sebagai lokal CIO (Chief Information Officer). Mereka mengerti isu-isu operasional, mengenal semua orang dan mengunakan 100% waktunya untuk bisnis dimana mereka secara langsung mempengaruhi keterkaitan IT dengan bisnis. Manfaat utama dari pengaturan ini adalah ketika dalam menyelesaikan suatu masalah, orang yang berada dalam bidang TI akan melakukan proyek-proyek tersebut dengan tepat dan pada akhirnya perusahaan akan memperoleh pendapatan dan menghasilkan pelayanan pelanggan yang lebih baik. Pertumbuhan pendapatan ChoicePoint yang konsisten, berkisar antara 5-15 persen per tahun selama beberapa tahun terakhir merupakan akibat dari penerarapn strategi ini pada perusahaan tersebut.





Sumber :

http://alriz50.blogstudent.mb.ipb.ac.id/2013/08/30/studi-kasus-sim/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar