Selasa, 25 Juni 2013

Shading dan Material

Tugas Kelompok  Softskill:
1. Debby Ayu Permata Sari 51410723
2. Joshua Roham E.  53410792
3. Ramdan Suryadi 55410614

Kelas : 3IA13.


TUGAS 1

Pada postingan kali ini penulis akan membahas tentang Shading dan Objek Material. Terdapat pengertian tentang Bayanga(Shading), Menurut sumber referensi yang saya peroleh dari mbah google bahwa bayangan(Shading) mempunyai beberapa pengertian antara lain :


  • Shading adalah bidang yang terbentuk akibat hilangnya sebuah sinar oleh objek yang tidak bisa ditembus oleh sinar tersebut.
  • Shading adalah proses penentuan warna dari semua pixel yang menutupi permukaan menggunakan model illuminasi.
  • Mengevaluasi intensitas cahaya dan warna menggunakan model illuminasi. 



Shader adalah sebuah program yang digunakan dalam 3D software tertentu(Softimage) dalam proses special rendering. Shader diperlukan untuk memenuhi kebutuhan special effect tertentu atau menentukan karakteristik material pada permukaan objek.
Ada 3 jenis shader yaitu :
1.  Vertex Shader
berkaitan dengan vertex(titik) dari suatu objek 3D. Pembuatan,perubahan bentuk objek ditangani disini.
2. Geometry Shader
Hanya ada di DirectX 10. Geometry Shader menjembatani Vertex Shader dengan Pixel Shader.
3. Pixel Shader
Bertanggun jawab pada masalah lighting, Semua visual efek ada disini. Warna akhir dari suatu pixel ditentukan disini.



Macam macam Shader :
1.Anisotropic : Material dengan highlight berbentuk eclipse. Biasanya digunakan untuk benda bentuk memanjang.
2.Metal : material yang mensimulasikan efek logam
3.Multi Layer : material dengan highlight berlapis, dan lebih kompleks dibandingkan Anisotropic
4.Oren Nayar Blinn : Material yang sedikit redup dan rata dibandingkan Blinn, misalnya untuk karpet.
5. Phong : Material dengan highlight bulat dan lebih tajam dibandingkan Blinn
6.Strauss : Material dengan permukaan metalik atau non metalik, namun dengan pengaturan yang lebih sederhana dibandingkan jenis lainnya.
7.Blinn : Material dengan highlight berbentuk bulat dan sedikit lembut. Tipe ini merupakan default.



Fungsi distribusi reflektansi bidireksional diperkenalkan oleh Edward Nicodemus sekitar tahun 1965.
Fungsi merupakan penyempurnaan model reflektansi Lambert dengan tiga model difusi yaitu model difusi Lambert, Minnaert dan Oren-Nayar .



Sumber Referensi :  sumarna.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/31666/3.+Bayangan.ppt
http://id.wikipedia.org/wiki/Refleksi 



http://books.google.co.id/books?id=X3kn-0uTpJMC&pg=PA157&lpg=PA157&dq=jenis-jenis%20shader%20pada%203D&source=bl&ots=y7JGjtpNzA&sig=UBXlWwA3NdjYGVJ8M9Fu4HP31ic&hl=id&sa=X&ei=urK4UO6kHYbkrAe_5IHIBw&ved=0CDcQ6AEwAg#v=onepage&q&f=true


TUGAS 2


Selanjutnya untuk tugas kedua saya akan membahas tentang jenis jenis pencahayaan yeng terdiri dari Ambient,Diffcuse,Specular, Menurut sumber referensi yang saya baca dalam buku raytracing.pdf pengertian Ambient,Diffcuse,Specular adalah sebagai berikut :


Ambient adalah efek pencahayaan yang telah membaur dengan lingkungan sehingga arah cahaya tidak dapat diketahui, seakan akan cahaya datang dari segala arah. Efek ini akan mempengaruhi terang atau tidaknya suatu lingkungan yang terlihat oleh mata. Semakin banyak lampu maka ruangan semakin terang, Sebaliknya jika lampu sedikit maka ruangan remang remang. Intensitas ambient pada suatu objek dapat dicari dengan persamaan :
I = Ia * ka
dimana,
I= Intensitas yang dihasilkan
Ia=Intensitas ambient
Ka=Koenfisien Ambient



Diffuse adalah pencahayaan yang tergantung dari besarnya sudut yang dibentuk antara sinar dari lampu ke titik tabrak pada objek dengan norma objek. Sehingga posisi lampu sangat mempengaruhi efek diffuse ini. Intensitas diffuse dapat dicari dengan hukum Lambertian sebagai berikut :


I=Ip*Kd(cos θ )


Dari persamaan intensitas diffuse tersebut cos θ dapat dihitung dengan melakukan dot product antara sinar dari lampu ke titik tabrak objek dengan normal objek itu, masing masing merupakan unit vektor. Sehingga didapat persamaan baru yaitu :


I=Ip*Kd*(L dot N)
dimana,
I=Intensitas yang dihasilkan
Ip=Intensitas diffuse dari sumber cahaya X
Kd=koefisien diffuse
N=Vektor norman dari objek
L=Vektor dari titik tabrak ke sumber cahaya
θ = Sudut antara N dan L



Specular adalah efek pencahayaan dimana bayangan sumber cahaya terlihat pada permukaan objek. Efek specular terlihat pada objek yang mengkilap.Semakin mengkilap permukaan suatu objek maka makin jelas bayangan sumber cahaya yang terlihat pada permukaan objek tersebut. Untuk mencarai intensitas specular ydapat digunakan persamaan sebagai berikut :
 I = Ip * Ks(cosθ )n
dari persamaan tersebut Cos θ dapat dihitung menggunakan dot product antara arah pantulan dengan negasi dari arah sinar. sehingga persamaannya menjadi
I = Ip * Ks * (R •V ) pangkat n
dimana,
I=Intensitas yang dihasilkan
Is=Intensitas Specular dari sumber cahaya X
Ks=Koefisien Specular
n= Variabel yang menentukan luar area yang berkilau jika terkena cahaya yang dipancarkan oleh sumber cahaya
R=arah pantulan berupa unit vektor
V=Negasi dari arah sinar



Advanced transparancy merupakan setting transparan objek material.
Advanced transparency terdiri dari :
Falloff berfungsi untuk mengatur cakupan area yang dipengaruhi oleh soft selection dari titik pusatnya (Sub-Object terpilih).
Falloff terdiri dari 2 jenis yaitu :
1.Falloff in merupakan ukuran falloff lebih besar dari hatspot sehingga cahaya yang masuk lebih banyak.
2. Falloff out merupakan ukuran lebih kecil dari hatspot sehingga cahaya yang masuk lebih sedikit




Sumber referensi :
Raytracing.pdf 
http://books.google.co.id/books?id=X3kn-0uTpJMC&pg=PA157&lpg=PA157&dq=jenis-jenis%20shader%20pada%203D&source=bl&ots=y7JGjtpNzA&sig=UBXlWwA3NdjYGVJ8M9Fu4HP31ic&hl=id&sa=X&ei=urK4UO6kHYbkrAe_5IHIBw&ved=0CDcQ6AEwAg#v=onepage&q&f=true
http://www.slideshare.net/Agustonce13/modul-3-d-max-elementry



Tugas 3


Apa yang dimaksud dengan Texture Map, Mapping Cordinate ?
Jawab :



Texture Map merupakan salah satu teknik untuk meningkatkan kualitas gambar dengan cara memetakan sebuah gambar ke permukaan geometri untuk membuat permukaan yang detail .
Texture Map terdiri dari :
bitmap : memilih file gambar image
checker : pola papan catur
marble : teksture berupa marmer
gradien : teksture dari gradasi tiga buah warna
water : menampilkan efek air
wood : menampilkan tekstur kayu



Mapping Coordinate adalah adalah suatu cara untuk memetakan sebuah gambar berdasarkan letak suatu titik bidang - See more at: http://ramdansuryadi.blogspot.com/2013/06/shading-dan-objek-material.html#sthash.nKH73rTC.dpuf

Buatlah rancangan Game sederhana ? 
Jawab :
Buatlah rancangan Game sederhana ? 
Jawab :
Game ini terdiri dari 6 level dengan 3 level utama yang diselingi 2 level bonus serta 1 buah Hidden level. Pada awal permainan, pemain akan ditampilkan dengan 10 buah bendera Negara – Negara adidaya dengan tingkat kesulitan relatif mudah. Player hanya cukup menekan bendera yang diinginkan dan menebak nama dari Negara tersebut. Sistem Hint yang disediakan berupa “Jempol” dimana jika 3 huruf dari nama Negara yang pemain tebak sudah benar, maka jempol tersebut akan menunjuk ke atas. Namun jika salah maka jempol tersebut akan menunjuk ke bawah.Jika benar maka pemain akan mendapat 10 point. Kemudian jika pemain berhasil menjawab semua dengan benar maka level selanjutnya akan terbuka dan pemain tinggal pindah dengan cara menekan pilihan level 2. Maksimal point di level ini adalah 100
Sebelum masuk ke level 2 , pemain akan dihadapkan dengan bonus level “ Rain of Flag” . Mekanismenya adalah di layar akan muncul bendera – bendera yang turun dari atas layar ke bagian bawah secara simultan selama 10 detik. Kecepatan bendera di level ini adalah sedang. Pemain cukup menekan semua bendera yang “berjatuhan” sebanyak mungkin. Tiap bendera diberikan point 5.
Jika pemain merasa point yang didapatkan dari bonus level kurang, maka pemain harus mengulang level sebelumnya untuk dapat masuk ke bonus level kembali. Disediakan fitur “TRY AGAIN” di tiap level utama untuk mereset dan mengulang level
Di level utama ke 2 , pemain akan dihadapkan dengan mode yang berbeda. Kali ini disediakan nama dari sebuah Negara dan pemain harus memilih bendera yang benar dari Negara tersebut. Disediakan 4 buah bendera Negara di tiap butir pertanyaan. Disini diberikan 3 buah Hint di tiap butir pertanyaan. Setiap penggunaan hint akan mengurangi 5 point dari total point yang didapatkan pemain. Jika benar maka pemain akan mendapat point 20. Terdapat 10 buah pertanyaan. Point paling baik yang bisa didapatkan adalah 200 dan terburuk adalah 100.
Kemudian pemain yang telah mendapatkan point minimal 100 akan dapat melanjutkan ke level 3. Namun sebelum nya pemain akan dihadapkan pada bonus level. Pada bonus level kedua pemain akan dihadapkan kembali ke level “Rain of Flag” dengan modifikasi dimana pemain akan kembali menekan bendera yang “berjatuhan” sebanyak banyaknya namun dengan parameter yang diberikan. Akan muncul sebuah gambar bendera instruksi dimana pemain harus memilih bendera yang diinstruksikan. Jika bendera yang ditekan bukan sesuai dengan instruksi bendera yang diberikan maka point akan dikurangi 5 dan jika benar akan ditambah 5 dari total point.(100)
Selanjut nya pada level utama 3 pemain akan dihadapkan pada sebuah puzzle. Puzzle ini adalah sebuah gambar bendera Negara yang terdapat di benua afrika . Diberikan 2 buah puzzle dengan tingkat kesulitan Hard. Pemain harus menyelesaikan puzzle tersebut dibawah 4 menit untuk mendapatkan point 100 di tiap puzzle. Dan 50 point jika melebihi 4 menit. Maksimal point yang bisa didapatkan adalah 200 dengan kemungkinan terburuk mendapat point 100.
Untuk membuka Hidden level , player harus mendapatkan total point 700. Jika berhasil mendapatkan point sebanyak 700 maka Hidden level akan terbuka dimana Player diberikan permainan mengelompokkan Negara. Diberikan sebuah lingkaran dengan nama sebuah benua. Kemudian akan muncul 20 buah bendera Negara yang berserakkan. Pemain harus mendrag dan membawa bendera tersebut sesuai dengan benua tempat Negara tersebut berada. Pemain harus berhasil menebak 10 buah Negara yang terdapat di benua tersebut secara benar. Waktu akan dihitung hingga pemain selesai dengan benar. Setelah selesai waktu akan dikalkulasi dan kemudian pemain dapat men submit waktu ke database publisher game. Dibutuhkan koneksi internet untuk men submit waktu . Nantinya waktu dari pemain akan di bandingkan dengan pemain lain yang berhasil mencapai hidden level ini dan akan ditentukan top score nya dari setiap waktu yang telah di submit.



Tabel Kinerja Kelompok 9:
- See more at: http://ramdansuryadi.blogspot.com/2013/06/shading-dan-objek-material.html#sthash.XkfeoC2a.dpuf








Tidak ada komentar:

Posting Komentar