Minggu, 30 Juni 2013

Interactive Entertainment

Tugas Kelompok  9 Softskill :
1. Debby Ayu Permata Sari 51410723
2. Joshua Roham E.  53410792
3. Ramdan Suryadi 55410614

Kelas : 3IA13.

1. Interactive Entertainment
Jelaskan konsep dari Interactive Entertainment ?
Jawab :
Interactive Entertainment mengacu pada usaha memproduksi dan mendistribusikan produk dan layanan, yang nilai hiburan (atau hasilnya) dapat dipengaruhi oleh pengguna melalui umpan balik langsung (feedback).
Konsep Interactive Entertainment ini yaitu bagaimana cara seseorang memberikan informasi-informasi berupa kombinasi berupa teks, gambar biasa, gambar bergerak (animasi), ataupun video yang telah diberi kemampuan untuk mengatur atau mengontrol elemen elemen yang telah dibuat atau yang telah ada sehingga pengguna dapat dengan mudah berinteraksi dengan informasi-informasi.

2. Interactive Programs
Hal-hal penting yang harus diperhatikan dari Interactive Programs adalah dari segi user dan programnya.
Jelaskan peran user dan program agar terbentuk komunikasi yang mudah dipahami user!
Jawab :Interactive programming merupakan sebuah prosedur penulisan bagian dari sebuah program ketika sudah aktif. Ini berfokus pada teks program sebagai antarmuka (Interface) utama untuk proses yang berjalan, bukan sebuah aplikasi interaktif, di mana program ini dirancang dalam siklus pengembangan dan untuk digunakan sesudahnya. 


Hal penting yang harus diperhatikan dari interactive programs adalah dari segi user dan programnya. Keterlibatan user dalam sebuah program ialah sangat dibutuhkan. Karena alasan dibuatnya program adalah untuk memenuhi kebutuhan user yang berasal dari permintaan user. Komunikasi antara user dan program akan terwujud dengan adanya GUI yang dibangun pada program tersebut.

3. Salah satu pendukung interactive system adalah adanya GUI/Graphical User Interface.
Apa fungsi dari GUI ?



Jawab : Dari pemahaman tentang GUI sebelumnya, fungsi-fungsi GUI dalam dunia teknologi dan informasi saat ini sangat beragam. Berikut beberapa fungsi dari penggunaan GUI dalam dunia Iptek khususnya komputer :
(1). Pointing device dengan perangkat berupa mouse
(2). Memiliki fungsi sebagai plug and play, yang mana memudahkan user dalam menginstall dan uninstall hardware/sofware (sinkronisasi)
(3). Membuat software-software yang menuntut aplikasi dalam komputer user yang dapat digunakan untuk kegiatan user dalam proses seperti menulis text, spreadsheet. sound, graphic dan lain-lain
(4). Untuk digunakan dalam pembuatan System Operasi sebagai User friendly dan ergonomis
(5). Pembuatan website

(6). Opensource software/hardware atau pengembang aplikasi-aplikasi skala besar lainnya.

4. Sebutkan, jelaskan dan berikan gambar dari komponen-komponen GUI ?
Jawab : Komponen GUI pada AWT:
1. Window Classes Fundamental


Mengatur ukuran window --> method setSize
  void setSize(int width, int height) 
Mengubah ukuran d/ width height sbg parameter:
  void setSize(Dimension d) 
mengatur visibility=T
  void setVisible(boolean b)
Dalam mendesain aplikasi GUI, Object  Frame selalu digunakan
Next Aplikasi --> SampleFrame .java
x --> tidak jalan karena belum ada event handling 

2.Grafik
Method: --> GraphicPanel.java
3.Kontrol User


pFrameWControls .java


4. Layout Manager
pFungsià mengatur tampilan dari komponen didalam kontainer
pDiantaranya:
nFlowLayout
nBorderLayout
nGridLayout
pMethodàvoid setLayout(LayoutManager mgr)
pu/ mengatur manualà
  public void setBounds(int x, int y, int width, intheight) 


Komponen GUI pada AWT:  







5. Event merpakan suatu kejadian yang terjadi karena adanya interaksi user dengan komponen-komponen GUI. Tanpa event, peran GUI tidak akan berjalan.
Sebutkan macam-macam event untuk komponen" GUI (minimal 5)

Jawab: Pada saat user berinteraksi dengan computer muncul suatu event. Event itu sangat penting dalam komunikasi user dengan system menggunakan GUI

*) Event Source
Event Source adalahkomponen GUI tempatterjadinyaevent .Komponen visual yang dimaksuddapatberupa button box, combo box, dsbnya
*) Event Model
Event yang mencakupinteraksiantara user dankomponen GUI.Disinidideskripsikanrespon yang diberikanoleh program mengenaiperilakudanperintahdari user.Bagianbagianpenting yang termasukdalammenderskripsikanperintahdanperilaku user adalah event source dan event listener.
*) Event Listener
Event Listener bergunauntukmenerimadanmengolah event event .Berhubungandengan proses olahlogikasepertiperhitunganmatematisdsb.
*) Event Object
Objek yang munculkarenaterjadisuatu event.
Ketika user berinteraksidengankomponen GUI disinidisimpaninformasi yang berhubungandengan event yang muncul.Informasiini di representasikandengan class Event.

*) Event Handler
Event Handler adalahblok method dari event listener yang merupakanpenentu proses selanjutnyajikasuatukomponenmenerimasuatu event. Sebagaicontohjikasebuah button di klikmaka event listener menangkap event padasaattombolditekandankemudianakanditeruskanolehblok event handler yang nantinyamenentukan proses selanjutnya.



6. Jelaskan mengenai event dalam konsep Struktur Interactive Program!
Jawab : Definisi mengenai event dalam  konsepstruktur interactive program yaitu kejadian yang terjadi atas interaksi dari computer dengan manusia.








Terdapatperbedaanpada event dari standard programing dengan interactive programming dimanapada interactive programming dalampenyelesaiansebuahmasalahjikadibutuhkansebuahalgoritmatambahandikarenakanalgoritma yang adakurangdalammencapaisolusi yang optimal, tidakperlumenghentikan program dalampenulisanulang .Namunpada Standard programming program harusdihentikanterlebihdahulu.





Tabel Kinerja Kelompok 9 :

NPM
NAMA
KINERJA
51410723
        Debby Ayu Permata Sari
            Terlibat menyelesaikan tugas nomer 3 dan 4
53410792
Joshua Roham E
            Terlibat menyelesaikan tugas nomer 5 dan 6

55410614
Ramdan Suryadi
           Terlibat menyelesaikan tugas nomer 1 dan 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar