Tugas Kelompok 9 Softskill :
1. Debby Ayu Permata Sari 51410723
2. Joshua Roham E. 53410792
3. Ramdan Suryadi 55410614
Kelas : 3IA13.
1. Interactive Entertainment
Jelaskan konsep dari Interactive Entertainment ?
Jawab :
Interactive Entertainment mengacu pada usaha memproduksi
dan mendistribusikan produk dan layanan, yang nilai hiburan (atau
hasilnya) dapat dipengaruhi oleh pengguna melalui umpan balik
langsung (feedback).
Konsep Interactive Entertainment ini yaitu
bagaimana cara seseorang memberikan informasi-informasi berupa kombinasi berupa teks,
gambar biasa, gambar bergerak (animasi), ataupun video yang telah
diberi kemampuan untuk mengatur atau mengontrol elemen elemen yang telah dibuat
atau yang telah ada sehingga pengguna dapat dengan mudah berinteraksi dengan
informasi-informasi.
2. Interactive Programs
Hal-hal penting yang harus diperhatikan dari Interactive Programs adalah dari segi user dan programnya.
Jelaskan peran user dan program agar terbentuk komunikasi yang mudah dipahami user!
Hal-hal penting yang harus diperhatikan dari Interactive Programs adalah dari segi user dan programnya.
Jelaskan peran user dan program agar terbentuk komunikasi yang mudah dipahami user!
Jawab :Interactive programming merupakan sebuah
prosedur penulisan bagian dari sebuah program ketika sudah aktif. Ini berfokus
pada teks program sebagai antarmuka (Interface) utama untuk proses yang
berjalan, bukan sebuah aplikasi interaktif, di mana program ini dirancang dalam
siklus pengembangan dan untuk digunakan sesudahnya.
Hal penting yang harus diperhatikan dari interactive programs adalah dari segi user dan programnya. Keterlibatan user dalam sebuah program ialah sangat dibutuhkan. Karena alasan dibuatnya program adalah untuk memenuhi kebutuhan user yang berasal dari permintaan user. Komunikasi antara user dan program akan terwujud dengan adanya GUI yang dibangun pada program tersebut.
3. Salah satu pendukung interactive system adalah adanya GUI/Graphical User Interface.
Apa fungsi dari GUI ?
Jawab : Dari pemahaman tentang GUI sebelumnya, fungsi-fungsi GUI dalam dunia teknologi dan informasi saat ini sangat beragam. Berikut beberapa fungsi dari penggunaan GUI dalam dunia Iptek khususnya komputer :
(1). Pointing device dengan perangkat berupa mouse
(2). Memiliki fungsi sebagai plug and play, yang mana memudahkan user dalam menginstall dan uninstall hardware/sofware (sinkronisasi)
(3). Membuat software-software yang menuntut aplikasi dalam komputer user yang dapat digunakan untuk kegiatan user dalam proses seperti menulis text, spreadsheet. sound, graphic dan lain-lain
(4). Untuk digunakan dalam pembuatan System Operasi sebagai User friendly dan ergonomis
(5). Pembuatan website
(6). Opensource software/hardware atau pengembang aplikasi-aplikasi skala besar lainnya.
4. Sebutkan, jelaskan dan berikan gambar dari komponen-komponen GUI ?
Jawab : Komponen GUI pada AWT:
1. Window Classes Fundamental
Mengatur ukuran window --> method setSize
void setSize(int width, int height)
Mengubah ukuran d/ width height sbg parameter:
void setSize(Dimension d)
mengatur visibility=T
void setVisible(boolean b)
Dalam mendesain aplikasi GUI, Object Frame selalu digunakan
Next Aplikasi --> SampleFrame .java
x --> tidak jalan karena belum ada event handling
2.Grafik
Method: --> GraphicPanel.java
Komponen GUI pada AWT:
5. Event merpakan suatu kejadian yang terjadi karena adanya interaksi user dengan komponen-komponen GUI. Tanpa event, peran GUI tidak akan berjalan.
Sebutkan macam-macam event untuk komponen" GUI (minimal 5)
Jawab: Pada saat user berinteraksi dengan computer muncul suatu
event. Event itu sangat penting dalam komunikasi user dengan system menggunakan
GUI
*) Event Source
Event Source adalahkomponen GUI
tempatterjadinyaevent .Komponen visual yang dimaksuddapatberupa button box,
combo box, dsbnya
*) Event Model
Event yang mencakupinteraksiantara user dankomponen
GUI.Disinidideskripsikanrespon yang diberikanoleh program
mengenaiperilakudanperintahdari user.Bagianbagianpenting yang
termasukdalammenderskripsikanperintahdanperilaku user adalah event source dan
event listener.
*) Event Listener
Event Listener bergunauntukmenerimadanmengolah event
event .Berhubungandengan proses olahlogikasepertiperhitunganmatematisdsb.
*) Event Object
Objek yang munculkarenaterjadisuatu event.
Ketika user berinteraksidengankomponen GUI
disinidisimpaninformasi yang berhubungandengan event yang muncul.Informasiini
di representasikandengan class Event.
*) Event Handler
Event Handler adalahblok method dari event listener
yang merupakanpenentu proses selanjutnyajikasuatukomponenmenerimasuatu event.
Sebagaicontohjikasebuah button di klikmaka event listener menangkap event
padasaattombolditekandankemudianakanditeruskanolehblok event handler yang
nantinyamenentukan proses selanjutnya.
6. Jelaskan mengenai event dalam konsep Struktur Interactive Program!
Jawab : Definisi mengenai event dalam konsepstruktur interactive program
yaitu kejadian yang terjadi atas interaksi dari computer dengan manusia.
Terdapatperbedaanpada event dari standard programing
dengan interactive programming dimanapada interactive programming dalampenyelesaiansebuahmasalahjikadibutuhkansebuahalgoritmatambahandikarenakanalgoritma
yang adakurangdalammencapaisolusi yang optimal, tidakperlumenghentikan program
dalampenulisanulang .Namunpada Standard programming program
harusdihentikanterlebihdahulu.
sumber : http://peyangfl.blogspot.com/
Tabel Kinerja Kelompok 9 :
NPM
|
NAMA
|
KINERJA
|
51410723
|
Debby Ayu Permata Sari
|
Terlibat menyelesaikan tugas nomer 3
dan 4
|
53410792
|
Joshua
Roham E
|
Terlibat menyelesaikan tugas nomer 5 dan 6
|
55410614
|
Ramdan
Suryadi
|
Terlibat menyelesaikan tugas nomer 1 dan 2
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar